ISP (IN SYSTEM PROGRAMMING)

Foto425

Gambar diatas adalah mainboard dari CTV SHARP terbaru model 21DXS200 slim .Kabar gembira bagi rekan teknisi bahwa Harga dari IC programnya relatif sangat murah ! dengan partnumber ixc844wxjzz0.

Disini saya akan memberikan triks memprogram IC memory dari tv sharp tanpa melepas ic memory nya .seperti pada gambar di atas ic memory dipasang menempel di pcb (SMD).  dalam istilah yang dipakai dalam bidang mikrokontrol adalah ISP (in system programming) artinya memprogram dalam suatu system .Kebalikan dari sistem ISP adalah Stand Alone atau berdiri sendiri atau IC memory dicabut dulu lalu dimasukan ke programmer lalu di program .

Alat yang kita butuhkan :

  • Programmer
  • socket IC memory ,Kabel penghubung ,bisa diambil dari kabel servo mekanik DVD(sleeding,dan spindle )
  • Foto430 for adjust
  • Yang dibutuhkan Hanya 3 buah kabel saja ,yaitu ground,SCL dan SDA .
  • Ground diambil dari kaki 4 programmer kaki 5 ke SDA ,dan kaki 6 ke SCL
  • Pin 4 dari programmer ===> Ground CTV   pin5 PROGRAMMER ===> SDA CTV    PIN 6 programmer ===>SCL ctv
  • Seperti terlihat pada gambar diatas .

Langkah kerja : Pilih nomor IC memory sesuai dengan yang tertera di badan IC .Misalnya 24C08 ,atau 24L16 dll.Hati hati harus sesuai dengan nomor IC ,karena akan menentukan tegangan SCL dan SDA .Misalnya 24C08 tegangan kerjanya 5Volt ,sedangkan 24L08 tegangan kerjanya 3 volt .

Cara membaca IC memory : matikan tv pakai remote ke mode standby .Klik Read pada programmer ,tunggu sampai selesai biasanya 1 detik.

Cara memprogram IC memory : matikan dulu TV nya ke mode standby tentunya menggunakan Remote control ,buka file nya lalu klik Program ,tunggu sampai verifikasi selesai biasanya memerlukan waktu 2 detik .Setelah verifikasi dan hasilnya ok ,lepaskan AC cord tunggu hingga lampu led nya padam ,setelah itu colokan AC cordnya ke jala-jala PLN dan hidupkan TV nya !

Cara tersebut diatas sudah saya coba ke CTV sharp dan TV china ,Namun Cara tersebut saya coba ke TV polytron tidak bisa .!.

Silahkan anda coba ke tv yang lain ! .Menurut pengalaman saya ,jika tv nya ada socket DATA yaitu SCL dan SDA ,langkah diatas dapat dilaksnakan , namun jika tidak tersedia maka ISP tidak bisa ,seperti pada CTV polytron ,cara diatas tidak berhasil !

Selamat Mencoba !

Terimakasih buat Mas Zaenal .Informasi nya sangat bagus .

Betul sekali . Cara yang paling mudah menjadikan posisi slave .adalah dengan mencabut x-tal di IC MICOM nya .Kalau mencari pin resetnya mungkin harus lihat skemanya dulu atau mencari komponen reset terlebih dahulu.

Atau bisa juga dengan cara send ISP ke IC MIKOM  seperti pada programmer WISP untuk hercules(PHILIPS) dan VCTI (MICRONAS).Akan saya bahas pada artikel yang akan datang ,yaitu mengkloning IC program(MICOM).Khusus  buatan philips dan Mikronas .IC tersebut Mahal Banget !

Sekali lagi terimakasih semua teman teman yang telah memberikan kontribusinya ,terspesial buat mas ZAENAL .

6 thoughts on “ISP (IN SYSTEM PROGRAMMING)

  1. rata-rata ic program tv yang saya jumpai gak bisa di BUS_FREE-kan. termasuk polytron, setelah utak-atik, akhirnya mendapatkan cara nge-busfree-nya.
    Matikan tv pake tombol panel, paksa BUS_FREE dengan cara tahan pada posisi reset (bisa digrondkan ato di tarik ke vcc pake resistor 1K tergantung programnya). satu cara lagi yang lebih ekstrim tapi paling aman, tinggal copot kristalnya. setelah itu baru hidupkan tv, tv jelas akan ngambeg, setelah ngambeg, silahkan konekkan bus data ke programmer dan siap R/W.
    sebelum R/W sesuaikan Address dari eeprom tersebut (s/d 24C16, lihat kombinasi pin1 s/d 3) dengan setting di programmer. kunci pada I2C adalah pada Masternya atau siapa yang meng-generate pulsa Start dan Stop, jika ada 2 master dalam 1 bus…. yaaa error bus datanya.
    aku selama ini pake software dan interface ala homebrew, alias bikinan sendiri, prosesor pake 89C2051, software pake delphi dan interface RS-232 (sayangnya cuman bikin 1, ‘:(‘ ). dan alhamdulillah cara ini belum menjumpai kendala yang berarti untuk beberapa merk TV. dan juga pernah saya coba ke DVD untuk mereset user settingnya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s